Tutorial Mudah Mahir Uji Tabel 2xk dengan Kolmogorov Smirnov SPSS

Bila Uji Chi Square tabel 2xk tidak memenuhi syarat uji chi square?

Pada tutorial chi square tabel 2xk sebelumnya telah dibahas bagaimana cara mengolah data pada tabel 2xk dengan syarat uji Chi Square-nya terpenuhi. Pada bahasan kali ini, seandainya tabel 2xk tidak memenuhi syarat uji Chi Square, misalnya ada cell (kotak) yang nilai expectednya <1 atau ada kotak yang nilai expectednya <5 lebih dari 20% total kotak pada tabel 2xk, maka kita tidak dapat menggunakan uji Chi Square. Bagaimana solusinya?

Ada 2 solusi untuk permasalahan tersebut

Cara Pertama: Kamu harus merelakan data kamu dengan memampatkan/menggabungkan salah satu kategori ke dalam kategori yang lain, misalnya kategori overweight dijadikan satu menjadi kategori obesitas. Sehingga hanya ada 2 kategori yaitu obesitas dan tidak obesitas. Sehingga tabelnya menjadi 2×2 dan nilai expectednya menjadi naik. Bila diuji ulang memenuhi syarat maka gunakan uji Chi Square, bila tidak memenuhi syarat gunakan nilai uji Fisher’s Exact.

Cara Kedua: Menggunakan Uji alternatif dengan Uji Kolmogorov Smirnov
Bila kamu tidak mengharapkan adanya pemampatan kategori, contohnya kamu meneliti tentang kejadian depresi terhadap kelompok golongan darah A, B, AB, dan O; sehingga tidak mungkin dilakukan pemampatan kategori, maka kamu bisa gunakan uji Kolmogorov Smirnov.

Pada Tutorial uji Chi Square tabel 2xk yang tidak memenuhi syarat uji chi square kali ini kita akan meneliti apakah ada perbedaan proporsi kejadian hipertensi/tidak hipertensi pada kelompok obesitas, kelompok overweight, dan kelompok tidak obesitas. Tabel silang yang terbentuk adalah 2×3 dengan data yang tidak memenuhi syarat uji Chi Square.

Sebelumnya download contoh file SPSS-nya di sini ChiSquare2xkGagalSyarat.sav

Tutorial Uji Kolmogorov Smirnov pada Tabel 2xk

Buka Filenya pada SPSS dan akan tampak inputan data pada Data View pada kolom hipertensi dengan koding 1=hipertensi dan 2=tidak hipertensi. Pada kolom obesitas dengan koding 1=obesitas, 2=overweight, 3=tidak obesitas.

Pada Variabel View tampak variabel obesitas memilki 3 value dengan koding 1=obesitas; 2=overweight; dan 3=tidak obesitas.

Saya akan tunjukkan dulu hasil uji Chi Square dan syaratnya yang tidak terpenuhi untuk tabel 2xk. Caranya Analyze > Descriptive Statistics > Crosstabs. Pindahkan Variabel pada rows dan column, silahkan dimasukkan saja tertukar tukar pun tidak masalah. Selanjutnya Klik Statistics, centang Chi Square, kemudian Continue.

Selanjutnya, Klik Cells, centang expected untuk memunculkan nilai expected pada tabel silang hasil analisis, dan percentage pilih row agar kita mudah membandingkan proporsi antar kelompok. klik Continue dan klik OK untuk menganalisis.

Hasilnya terdapat dua kotak dari total 6 kotak (33,3%) dengan nilai expected <5. Artinya syarat tidak terpenuhi untuk uji Chi Square pada tabel 2xk ini.

Maka kita bisa menggunakan uji alternatif Kolmogorov Smirnov

Uji alternatif Kolmogorov Smirnov pada tabel 2xk yang tidak memenuhi syarat Uji Chi Square

Caranya: Klik Analyze > Nonparametric Test > Legacy Dialogs > 2 Independent Samples

Uji Kolmogorov Smirnov pada tabel 2xk yang tidak memenuhi syarat uji Chi Square

Selanjutnya lakuka beberapa langkah berikut:

  1. Pindahkan variabel yang terdiri dari dua kategori ke Grouping Variabel (pada kasus kita variabel hipertensi) dan variabel dengan >2 kategori ke dalam test variabel list.
  2. Pada Test Type, secara default sudah tercentang Mann-Whitney U. Hapus centangan pada Mann-Whitney, kemudian centanglah pada Kolmogorov Smirnov Z. Kamu juga bisa menampilkan deskriptif data dengan mengklik Option dan mencentang deskriptif.
  3. Klik Define Groups.

Uji Kolmogorov Smirnov pada tabel 2xk yang tidak memenuhi syarat uji Chi Square

Akan muncul menu dialog baru. Isikan Grup satu dengan koding 1 (hipertensi) dan Group dua dengan koding 2 (tidak hipertensi).

Uji Kolmogorov Smirnov pada tabel 2xk yang tidak memenuhi syarat uji Chi Square

Klik Continue dan OK kan untuk menganalisis.

 

Cara membaca hasil Uji Kolmogorov Smirnov pada tabel 2xk yang tidak memenuhi syarat uji Chi Square

Pada tabel uji Kolmoborov Smirnov tampak nilai p=0,000. Dengan batas kemaknaan (α) 5% (0,05), maka nilai p<0,05 yang artinya terdapat perbedaan proporsi kejadian hipertensi di antara kelompok obesitas, overweight, dan tidak obesitas.

Uji Kolmogorov Smirnov pada tabel 2xk yang tidak memenuhi syarat uji Chi Square

Untuk mengetahui kelompok mana saja yang proporsi kejadian hipertensinya berbeda secara bermakna, kamu bisa lakukan uji berulang antara kategori obesitas*overweight; Obesitas*tidak obesitas: dan overweight*tidak obesitas. Caranya sama seperti postingan sebelumnya yaitu pada post tutorial uji chi square pada tabel 2xk dengan SPSS.

Baca Juga:
Tutorial Uji Chi Square tabel 2×2
Tutorial Uji Chi Square tabel 2xk
Cara Menghitung Nilai OR dan RR

 

Bila menyukai artikel ini jangan lupa dibagikan ke media sosial, agar pengetahuan ini tidak berhenti di anda saja dan semoga dapat membantu lebih banyak orang lagi. Terimakasih

Salam hangat dan semoga sukses,

Muhammad Aditya

 

Powered by WP Review
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
9
18 Comments

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!